Beda Hosting Dengan VPS, Jangan Salah Pilih

BEDA HOSTING DENGAN VPS, JANGAN Salah Pilih!

Pada perkembangan zaman tidak luput dari perkembangan ilmu teknologi yang ada di dunia ini tentunya. Salah satu teknologi yang hingga ini terus berkembang di Indonesia yaitu teknologi Cloud Computing. Didalamnya akan mengenal Hosting Indonesia dan tentu didalamnya akan mempelajari beda hosting dengan VPS.

Tidak, heran jika banyak para pelaku bisnis di Indonesia yang sudah mulai untuk mengembangkan bisnis nya dengan menggunakan sistem Cloud ini. Sebab, sistem ini dinilai lebih mudah dan lebih cepat serta dapat diakses kapanpun dan juga dimanapun oleh pengguna.

Terdapat banyak sekali yang dapat di temukan dalam sistem Cloud ini, seperti contohnya adalah Web Hosting, Virtual Private Server (VPS), dan Cloud Server atau Virtual Data Center (Dedicated Server). Namun, kali ini kita akan mempelajari tentang beda hosting dengan VPS yang perlu diketahui oleh pengguna sistem ini.

Beda Hosting dengan VPS

Tentu, masih banyak yang awam mengenai beda hosting dengan VPS. Dan, bagi yang tidak tahu beda hosting dengan VPS, Cloud Users tidak perlu risau, artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai keduanya. Berikut ini beda hosting dengan VPS, jadi simak hingga akhir artikel.

Hosting

Yang pertama Hosting atau web hosting merupakan tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga dapat diakses oleh banyak pengguna melalui internet. File serta data website tersebut bisa berupa file video, gambar, email, script, aplikasi, serta database.

Apabila tidak ada teknologi Hosting, tentu saja pengguna tidak bisa membuat website.  Itulah alasannya pengguna perlu menyewa hosting terlebih dahulu untuk membuat website.

Ibarat kata hendak membangun rumah. Jika ingin membangun rumah yang besar, luas tanahnya pun juga harus semakin besar, hal tersebut Sama seperti website, jika ingin membangun dengan  kapasitas dan performa tinggi, tentu pengguna butuh hosting yang sumber dayanya besar pula.

Baca Juga:  ASUS Gandeng Digital Marketer Gelar Business Workshop di Surabaya 

Cara Kerja Hosting

Berikut iniperkiraan dari tahapan cara kerja hosting adalah sebagai berikut:

  1. Server hosting akan menyimpan berbagai file yang dibutuhkan oleh website. Misalnya berupa file gambar, video, script, database website, dll.
  2. Pengunjung yang akan mengetikkan domain website pengguna pada browser.
  3. Browser yang meminta pada server hosting untuk mengirim file website ke browser.a
  4. Server kemudian akan mengirimkan file yang dibutuhkan kepada browser.
  5. Pengunjung akhirnya dapat mengakses website.

Namun, meski cara kerja hosting terlihat mudah tetapi tidak semua hosting mampu untuk bekerja dengan baik. Banyak hosting yang sering kali mengalami down, kemampuannya kurang mumpuni sehingga akses pada website menjadi lambat.

Padahal, pada dasarnya peran hosting penting bagi website dan bisnis. Baik dalam hal menjamin proteksi situs, menjaga performanya, sampai dalam hal meningkatkan kredibilitas bisnis online.

Oleh karena itu, pengguna harus pintar-pintar dalam memilih penyedia hosting terbaik. Sebisa mungkin, pilihlah hosting yang menjanjikan uptime hingga 99% sehingga situs dapat terus menyala 24 jam. Kemudian, pastikan juga untuk data centernya yang terbaik supaya website aman dan lancar.

VPS (Virtual Private Server)

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, ialah salah satu layanan web hosting yang memakai teknologi virtualisasi dan menawarkan resource khusus (pribadi) di server walaupun digunakan oleh lebih dari satu user.

Jadi, jika kita melihat lebih jauh lagi tentang VPS, tipe hosting ini merupakan pilihan yang jauh lebih aman dan stabil daripada tipe shared hosting. Hal ini disebabkan karena shared hosting sama sekali tidak memberikan ruang server khusus meskipun harganya terbilang lebih murah.

Biasanya, pengguna dari VPS hosting adalah para web owner yang situsnya telah memperoleh traffic melebihi limit paket shared hosting namun, masih belum memerlukan resource dari server khusus.

Baca Juga:  Pilih Kredit Mobil Dengan atau Tanpa Agunan?

Biasanya VPS menawarkan lebih dari satu paket hosting. Sebagai contoh saja, di platform domainesia.com, memiliki paket VPS murah untuk memenuhi kebutuhan website bisnis Anda. Serta dapat membantu dalam menambah skala website apabila suatu saat mmemerlukan resource lebih.

Cara Kerja VPS

Server merupakan komputer, tempat web hosting dalam menyimpan file dan database yang diperlukan untuk website Anda. Kapanpun visitor dapat mengakses website Anda, browser yang akan mengirimkan request atau permintaan kepada server, kemudian server mentransfer file yang diperlukan melalui jejaring internet.

Kegunaan dari VPS hosting adalah menyediakan server virtual yang mampu meniru server fisik meskipun dalam kenyataannya server tersebut terbagi menjadi beberapa user.

Dengan menggunakan teknologi virtualisasi, hosting provider dapat menginstall layer virtual di atas dari sistem operasi (OS) server. Layer ini yang akan membagi server ke partisi serta dapat memungkinkan setiap user untuk dapat menginstall OS dan software mereka.

Karena alasan itulah, virtual private server (VPS) memiliki sifat virtual dan juga private sebab Anda memiliki kendali penuh atas itu. Server ini memang terpisah dari server user lainya pada level OS. Bahkan, saat teknologi VPS mirip dengan proses pembuatan partisisi pada komputer ketika Anda ingin menjalankan lebih dari satu OS (misalnya menjalankan Windows dengan Linux) tanpa adanya reboot.

Memilih VPS berarti Anda dapat membuat website pada platform yang lebih aman dengan jaminan resourse (memori, disk space, CPU core, dsb) yang tidak mewajibkan Anda untuk berbagi secara Bersama – sama dengan user lainnya.

Dengan menggunakan VPS hosting, Anda tentu memiliki akses root-level yang sama sebagaimana apabila Anda menyewa dedicated server tapi dengan harga yang jauh lebih murah.

Itu dia ulasan tentang beda hosting dengan VPS. Tetap, pantau terus laman ini untuk mengetahui informasi selanjutnya.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top