Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Terbaru

Cara Mematikan Windows Defender – Sekilas, Windows Defender yaitu versi upgrade Microsoft Security Essential yang berguna sebagai sistem proteksi pada Windows versi lama. Sejumlah peningkatan menjadi kelebihannya misalnya perlindungan terhadap virus serta pencurian data yang sangat kuat.

Bahkan karena sangat kuat perlindungan tersebut menjadikan beberapa aplikasi yang umumnya biasa saja menjadi dianggap berbahaya. Perlindungan virus tersebut tidak jarang bisa memblokir sejak berwujud installer sehingga pengguna tidak dapat memasang aplikasi yang diinginkan pada perangkat.

Mematikan atau menonaktifkan antivirus yang ada pastinya bisa menjadi solusi tepat ketika hal ini terjadi. Nah, bagi anda yang masih belum tahu bagaimana caranya maka jangan khawatir. Berikut ini kami akan memberikan ulasan mengenai cara mematikan Windows Defender untuk anda coba.

Fitur Windows Defender

Cara Mematikan Windows Defender
Cara Mematikan Windows Defender

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mematikan Windows Defender, ada baiknya anda mengetahui berbagai fitur yang dimilikinya. Kualitas fitur bawaan Windows Defender ini terbilang cukup mumpuni. Adapun fitur tersebut diantaranya :

Baca juga : Cara Mematikan Update Windows 10

  • Real Time Protection, berfungsi untuk mencegah serta menemukan program berbahaya saat sudah diinstall pada komputer maupun yang sedang berjalan.
  • Automatic Sample Submission, memberikan akses bagi pengguna untuk berbagai informasi pada pihak Microsoft bahwa ada program yang diklaim berbahaya sehingga mampu ditangani lebih lanjut.
  • Cloud Delivered Protection, menjamin keamanan perangkat laptop atau komputer dengan hadirnya akses menuju pusat data proteksi, sehingga anda tidak perlu merasa khawatir sebab akan aman dari serangan malware, virus, trojan maupun hal berbahaya lainnya yang mungkin mengancam perangkat anda.
  • Ransomware Protection, berfungsi untuk menjamin semua data yang tersimpan di perangkat anda sehingga aman dari berbagai serangan malware, virus atau program berbahaya lain yang ingin mencuri, mengunci, merusak atau mengubah data tersebut.
  • Tamper Protection, berfungsi untuk memastikan bahwa tidak terdapat program berbahaya pada sistem yang akan merusak atau merubah sejumlah pengaturan penting pada perangkat anda. Misalnya seperti mengubah pengaturan Windows, menonaktifkan antivirus dan lainnya.

Kelebihan Windows Defender

Windows Defender memiliki beberapa kelebihan untuk dipasang di perangkat anda. Adapun kelebihan yang dimilikinya antara lain :

  • Windows Defender bisa membersihkan virus dengan maksimal. Ini dibuktikan dengan hadirnya fitur yang mengkarantina seluruh file yang diklaim sebagai malware, virus dan bahkan apabila terdeteksi mengancam file sedikitpun nantinya file tersebut dikarantina. Walaupun terkadang hanya dikarantina saja dan virusnya tidak terhapus.
  • Windows Defender juga dapat menangani dan mengatasi virus berbahaya. Sehingga jangan sampai anda mengira karena ini merupakan antivirus bawaan maka hanya mampu mengatasi virus maupun ancaman biasa. Antivirus ini dapat menghandle berbagai virus termasuk dalam golongan virus berbahaya sekalipun. Apabila sudah membersihkan virus maka perangkat akan restart secara otomatis.
  • Antivirus ini juga memberikan peringatan atau notifikasi ketika terdapat MMC, flashdisk atau hardisk ekternal yang ada di colokan laptop atau komputer. Disamping itu, Windows Defender memberikan notifikasi aktif saat ada media baru tersambung pada perangkat anda. Lalu langsung melakukan scan guna memeriksa sekaligus memastikan apabila tidak terdapat malware, virus atau hal berbahaya didalamnya.

Kekurangan Windows Defender

Selain memiliki sejumlah kelebihan, Windows Defender juga mempunyai kekurangan, antara lain :

  • Scanning atau pemeriksaan yang dilakukan Windows Defender tidak menyeluruh apabila dibandingkan dengan jenis antivirus yang lain. Windows Defender memang memiliki 3 fitur scan yakni quick scan, full scan dan custom. Namun antivirus ini sering melewatkan berbagai virus kecil yang masih tersembunyi.
  • Apabila anda sudah mengaktifkan antivirus ini maka anda tidak perlu menginstall atau mengaktifkan antivirus yang lain. Sebab, apabila terdapat 2 antivirus di perangkat anda dan semuanya aktif maka akan menurunkan kinerja perangkat anda sehingga menjadi lemot.

Sebagaimana yang anda ketahui bahwa satu antivirus pada perangkat saja bisa memakan kapasitas RAM cukup besar terlebih jika lebih dari 1. Sehingga anda baiknya anda menerapkan cara mematikan Windows Defender jika ingin memasang antivirus yang lain.

Baca juga : Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara Mematikan Windows Defender

Terdapat beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mematikan Windows Defender. Berikut penjelasannya!

Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows Security

Apabila hanya ingin mengunduh serta menginstall aplikasi, anda tidak perlu menerapkan cara mematikan Windows Defender permanen. Anda dapat mematikan fitur ini untuk sementara. Berikut tutorial mematikan Windows Defender untuk anda terapkan :

  • Langkah pertama klik menu start kemudian buka Windows Security pada fitur pencarian
  • Berikutnya pilih opsi Virus and threat protection
  • Selanjutnya, klik opsi Manage Settings yang terletak di bagian bawah
  • Lalu anda bisa mengatur saklar menjadi Off di bagian bawah keterangan Real time protection is off
  • Setelah menerapkan langkah di atas, maka antivirus Windows Defender akan berhenti sementara waktu
  • Selanjutnya anda dapat menginstall aplikasi yang diinginkan tanpa notifikasi antivirus yang diberikan oleh Windows Defender
  • Apabila ingin mengaktifkan antivirus tersebut kembali maka anda perlu merestrat perangkat anda lalu hidupkan kembali saklar melalui menu Manage Settings

Cara Mematikan Windows Defender Melalui Group Policy

Apabila anda memakai perangkat dengan windows 10 Pro, maka anda dapat mematikan Windows Defender melalui Group Policy. Salah satu fitur yang perlu dimatikan pada Windows 10 Pro yaitu Tamper Protection. Supaya lebih jelas, anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini :

  • Pertama klik menu Start kemudian buka opsi Windows Security pada fitur pencarian
  • Lalu pilih opsi Virus and threat protection
  • Berikutnya gulir ke bawah dan pilih opsi Manage Settings
  • Atur saklar menjadi Off
  • Jika saklar sudah diatur menjadi Off maka antivirus Windows Defender akan mati sementara. Mirip seperti langkah sebelumnya, apabila anda ingin mengaktifkan Windows Defender kembali maka anda dapat merestart perangkat dan menghidupkan saklar Tamper Protection.

Cara Mematikan Windows Defender Permanen

Apabila anda sudah mempunyai software antivirus yang lain serta ingin mematikan Windows Defender permanen, anda dapat menerapkan tutorial di bawah ini :

  • Pertama, klik menu start kemudian tulis gpedit.msc pada fitur pencarian guna membuka opsi Local Group Policy Editor
  • Selanjutnya pilih opsi Computer Configuration dan pilih opsi Administrative Templates
  • Berikutnya pilih opsi Windows components kemudian pilih opsi Microsoft Defender Antivirus
  • Selanjutnya cari dan klik Turn Off Microsoft Defender sebanyak 2 kali
  • Lalu pindahkan opsi Enable pada opsi Disable
  • Berikutnya klik opsi Aplly lalu OK
  • Kemudian restrat perangkat anda

Setelah berhasil di restart, maka Windows Defender akan mati permanen. Apabila ingin menghidupkannya kembali maka anda dapat mengubah kembali menu Disable menjadi Enable.

Cara Mematikan Windows Defender Melalui Aplikasi Bitdefender

Anda juga bisa mematikan Windows Defender menggunakan aplikasi Bitdefender dengan tutorial sebagai berikut :

  • Bukalah laman web bitdefender.com
  • Lalu klik menu Download dan install aplikasi tersebut pada perangkat
  • Centang seluruh ketentuan dan persyaratan dari aplikasi tersebut
  • Jika sudah diaktifkan maka Windows Defender akan dimatikan

Demikian beberapa cara mematikan Windows Defender yang dapat anda lakukan dengan sederhana dan mudah. Dengan mematikan antivirus ini anda dapat menginstall berbagai aplikasi yang diinginkan tanpa adanya notifikasi virus oleh Windows Defender. Cek juga cara reset laptop asus ke setelan pabrik untuk kamu ketahui langkah – langkah nya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar