Cara Membuat Jurnal Umum

Macam-Macam Cara Membuat Jurnal Umum

Cara Membuat Jurnal Umum – Ketika anda menjadi seorang akuntan sudah tidak asing lagi ketika mendengar mengenai Jurnal Umum. Jurnal Umum menjadi salah satu bagian yang banyak digunakan ketika melakukan pekerjaan dengan akuntansi.

Untuk seorang akuntan yang mempunyai usaha di perdagangan atau lainnya sangat penting dalam membuat laporan transaksi agar mengerti alur keuangan dan biasanya kebanyakan membuat secara jurnal umum.

Pada saat membuat jurnal umum akan mencatat semua transaksi secara rinci mulai dari hari, tanggal, nama transaksi, nominal sampai dengan keterangannya.

Selain itu, untuk anda yang akan membuat jurnal umum tidak bisa di lakukan secara sembarangan dan tentunya harus memperhatikan beberapa ketentuan dalam persamaan dasar maupun beberapa macam siklus pada akuntansi.

Akan tetapi untuk sekarang ketiak akan membuat jurnal umum bisa di bantu dengan menggunakan aplikasi, sehingga dapat mempermudah anda dalam mengerjakan dan waktu yang dibutuhkan lebih sedikit.

Ketika kamu memilih menggunakan aplikasi pembuat jurnal umum terdapat dua pilihan yaitu gratis dan berbayar.

Meski pada saat anda sedang memberikan contoh terhadap orang lain mengenai jurnal umum, usahakan tetap menggunakan beberapa ketentuan beberapa persamaan datar akuntansi yang harus di terapkan dan tidak boleh di tinggalkan atau di lupakan.

Tidak heran lagi ketika ada seseorang yang tidak mempunyai keahlian dalam ilmu akuntansi bisa membuat jurnal umum dan tentunya sangat kesulitan di tahap pembuatan nya.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Jurnal Umum

Cara Membuat Jurnal Umum
Cara Membuat Jurnal Umum

Sebelum membahas ke tahap bagaimana cara membuat jurnal umum lebih baik kamu harus mengerti dahulu apa pengertian dari jurnal umum agar mempermudah pemahaman ke tahap selanjutnya.

Jurnal umum mempunyai satu fungsi yaitu sebagai wadah atau tempat untuk mencatat semua transaksi keuangan pada perusahaan dengan menggunakan beberapa periode agar lebih sistematis dan alur keuangannya jelas.

Pada saat membuat jurnal umum, anda harus benar-benar memahami mengenai berapa jumlah saldo normal nya di masing-masing akuntan.

Pengertian jurnal umum adalah alat digunakan untuk melakukan catatan bagi semua jenis transaksi keuangan yang muncul ketika melakukan transaksi di beberapa periode tertentu.

Selain itu, jurnal umum juga di pergunakan oleh perusahaan jasa karena dapat dicatat secara rinci mengenai kronologi alur keuangannya dan sedangkan untuk perusahaan yang bergerak di perdagangan juga di rasa sangat efektif ketika menggunakan jurnal khusus.

Baca Juga:  Apakah Penting Pembukuan Keuangan Perusahaan?

Baca juga : Tahapan Menyusun Laporan Keuangan

Cara Membuat Jurnal Umum Secara Mudah

Membuat jurnal umum dengan menggunakan cara-cara mudah sangat di perlukan dan disukai oleh para pemilik perusahaan maupun usaha, karena sangat membantu dalam mencatat alur keuangan secara rinci dan jelas.

Untuk anda yang belum banyak mengerti dan paham betul mengenai pengertian jurnal umum dan bagaimana cara membuat jurnal umum bisa simak penjelasan di bawah ini.

Setelah menjelaskan pengertian jurnal umum, mari di lanjutkan untuk membahas mengenai cara membuat jurnal umum secara mudah bagi para pemula maupun anda yang sedang membutuhkan.

Memahami Persamaan Dari Akuntansi

Cara membuat jurnal umum yang paling utama dan dianggap benar ketika anda benar-benar paham mengenai persamaan dasar dari akuntansi.

Persamaan dari dasar akuntansi adalah “Aset sama dengan utang dan modal” atau juga bisa diperluas menjadi “Aset sama dengan utang dan modal, serta di tambah dengan pendapatan serta beban”.

Pada pemahaman dasar akuntansi yang di maksud di atas mempunyai keterkaitan dengan beberapa kelompok dari para akuntan.

Contoh mudah nya ketika mempunyai utang usaha maka bisa di masukkan ke dalam kelompok aset dan sedangkan untuk ketersediaan juga masuk ke aset dan berbagai macam jenis lainnya.

Hal penting yang harus kamu ketahui di cara membuat jurnal umum satu ini adalah bahwa anda dituntut benar-benar memahami mengenai berapa saldo utama di setiap akun-akun akuntan.

Ketika kamu sudah memahami betul-betul dengan transaksi pada jurnal umum, maka akan otomatis bisa melakukan pengelompokan di beberapa jenis aset-aset.

Mengumpulkan Semua Bukti Transaksi

Langkah selanjutnya dalam membuat jurnal umum adalah harus mengumpulkan semua bukti mengenai keluar masuk nya sebuah transaksi.

Cara membuat jurnal umum kali ini berbeda dengan yang sebelumnya, pada langkah  ini kamu harus melakukan praktik dan terjun langsung dalam membuat jurnal umum.

Pada saat membuat jurnal umum, maka hal yang perlu dibutuhkan adalah memiliki bukti transaksi.

Bukti transaksi adalah bagian dasar yang sangat penting ketika akan melakukan catatan di beberapa transaksi di sebuah jurnal umum. Membuat jurnal transaksi tanpa adanya bukti transaksi tidak bisa di lakukan dan tentunya hasilnya kurang sesuai.

Baca Juga:  Macam-Macam Jenis Rasio Keuangan Terbaik

Usahakan anda ketika akan membuat jurnal umum harus mempunyai beberapa bukti transaksi yang berupa nota, faktur, kwitansi, invoice serta masih banyak jenis-jenis lainnya.

Baca juga : Manfaat Neraca Saldo

Melakukan Identifikasi Pada Beberapa Transaksi

Cara membuat jurnal umum selanjut nya anda harus benar-benar melakukan identifikasi terhadap beberapa jenis transaksi keuangan masuk maupun keluar.

Transaksi keuangan tidak harus di catat semua dan tentunya membutuhkan ketelitian yang benar-benar harus di perhatikan.

Pada saat membuat jurnal umum anda hanya perlu mencatatkan transaksi yang berhubungan dengan perubahan posisi keuangan transaksi menggunakan satuan moneter.

Tingkat kesulitan di atas, maka membuat kamu sebelum melakukan pencatatan perlu menggunakan cara membuat jurnal umum dengan melakukan identifikasi terhadap beberapa transaksi agar mendapatkan hasil secara benar sesuai dengan alur keuangan.

Setelah anda melakukan identifikasi terhadap beberapa transaksi, maka untuk langkah selanjutnya adalah menentukan mengenai pengaruh ketika memilih sebuah posisi keuangan.

Agar mempermudah anda dalam menentukan dasar akuntansi bisa menggunakan dasar “Aset sama dengan utang dan modal”.

Hal penting lain nya yang harus kamu ingat bahwa di suatu transaksi apa pun itu jenis nya akan memberikan pengaruh besar terhadap dua orang akuntan.

Melakukan Catatan Jurnal Umum yang Sudah Ada

Langkah terakhir dalam cara membuat jurnal umum ini adalah kamu harus melakukan pencatatan di semua jenis transaksi atau yang sering disebut dengan jurnal.

Pada saat sistem pencatatan atau jurnal sering menggunakan double entry sistem atau yang di maksud di setiap jenis transaksi akan mempunyai dampak terhadap dua posisi keuangan debit maupun kredit dengan keadaan jumlah saldo sama.

Sangat mudah bukan mengenai cara membuat jurnal umum yang sudah di jelaskan secara detail di atas dan semoga dapat membantu kamu dalam menyelesaikan pada saat membuat jurnal umum.

Sekali lagi hal yang harus kamu ingat-ingat bahwa pada saat membuat jurnal umum kamu harus memahami beberapa dasar-dasar akuntansi agar dapat mempermudah dalam laporan keuangan atau yang sering disebut dengan jurnal umum.

Penjelasan di atas mengenai beberapa cara membuat jurnal umum di rasa sudah cukup jelas dan semoga memberi kamu wawasan lebih jauh lagi mengenai jurnal umum dan beberapa hal penting sebelum pembuatan laporan tersebut.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top