Ide Bisnis Pertanian yang Cukup Menjanjikan

Ide bisnis pertanian ternyata tidak hanya terbatas pada menanam padi saja, lho! Ada banyak sekali peluang bisnis di bidang pertanian yang menghasilkan uang. Jika ingin memulai bisnis di bidang pertanian, setidaknya Anda memerlukan pengetahuan tentang praktik pertanian serta beberapa pengalaman dalam mengembangkan usaha.

 Sebelum Anda memutuskan sebuah ide, buatlah rencana bisnis yang mencakup penelitian tentang permintaan pasar untuk produk yang Anda kembangkan dan cara membawanya ke pasar. Anda juga memerlukan rencana pembiayaan yang tepat karena sebagian besar bisnis pertanian memerlukan akses ke lahan yang luas dan peralatan pertanian untuk memulai.

Ide Bisnis Pertanian Selain Beras

Ide Bisnis Pertanian
Ide Bisnis Pertanian

Memanfaatkan Tunggul dengan Menanam Jamur

Jika Anda adalah seorang petani padi dan sukses dengan bisnis menjual padi, ada ide usaha lain yang bisa Anda kembangkan, lho! Setelah tanaman padi dipanen, orang biasanya meninggalkan metrik limbah jerami yang mengganggu. Pemanfaatan yang tepat dari metrik jerami tidak hanya baik untuk lingkungan tetapi juga akan menguntungkan petani dan bisnis.

Ya, tunggul dari sisa menanam padi dapat digunakan untuk menanam jamur. Namun, jika Anda ingin menanam jamur, hal yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman tersebut dengan membuat tunggulnya basah dan membiarkannya membusuk.

Pembusukan tunggul adalah tempat yang sempurna untuk pertumbuhan jamur. Banyak menggunakan metode ini untuk menanam jamur dan kemudian menjualnya ke perusahaan pengolahan makanan, restoran, dan toko sejenis lainnya yang menangani jamur. Jamur bisa dijual dengan harga Rp 30.000-an per kg.

Menciptakan Biogas melalui Limbah Pertanian

Produksi biogas dan bisnisnya bisa sangat sukses di negara-negara berkembang. Produksi biogas juga bagus untuk pertanian. Beberapa negara seperti Indonesia, Pakistan, Bangladesh, Brazil hingga memiliki banyak bisnis pembangkit biogas yang berkembang pesat.

Sebuah pabrik biogas membutuhkan limbah pertanian seperti jerami, limbah tanaman, daun kering, kotoran hewan, air dan mikroorganisme yang membantu dalam pembusukan campuran. Campuran setelah beberapa saat mulai menghasilkan metana yang disimpan dalam wadah.

Nantinya biogas yang diperoleh dijual dengan harga yang baik atau dimanfaatkan ke kebutuhan rumah tangga. Metode ini terbilang sukses besar di banyak negara. Biogas bukan hanya ide bisnis berbasis agro yang menguntungkan tetapi juga menyediakan lapangan kerja di tingkat lokal. Hanya saja, ada investasi minimal dalam menjalankan pabrik biogas mengingat keuntungan yang diberikan begitu besar.

Baca juga : Mengelola Bisnis Secara Efektif

Greenhouse Farming

Greenhouse Farming atau Pertanian Rumah Kaca adalah metode pertanian di mana atmosfer buatan diciptakan untuk menumbuhkan tanaman, sayuran, dan buah-buahan tertentu. Rumah kaca mengatur kondisi yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Pertanian rumah kaca sebagian besar digunakan untuk menanam buah-buahan, sayuran dan bunga.

Tempat yang cukup dingin dan tandus mengalami kesulitan dalam bercocok tanam pada kondisi normal, dan pertanian rumah kaca adalah metode yang tepat sekali untuk bercocok tanam. Sebagai sebuah bisnis, Anda dapat mengatur greenhouse di sebuah area dan menghasilkan tanaman.

Greenhouse Farming sangat menguntungkan, Anda juga bisa lho  memproduksi peralatan pertanian rumah kaca, memasang rumah kaca, memelihara rumah kaca dan hal-hal lain yang berhubungan dengan rumah kaca bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Budidaya Bunga

Budidaya bunga adalah salah satu ide bisnis pertanian yang paling menjanjikan. Anda tidak ingin perlu menanam bunga, cukup beli saja dengan harga murah dan Anda dapat menggunakannya sebagai karangan bunga atau membuat sebuah toko bunga.

Menggunakan bunga untuk tujuan dekoratif adalah beberapa cara umum bagaimana Anda bisa unggul dalam bisnis di bidang ini. Bisnis yang berhubungan dengan florikultura sedang booming setiap harinya. Maraknya pemesanan produk bunga melalui media online tentu saja akan sangat menguntungkan jika Anda ingin memulai bisnis ini.

Budidaya Lidah Buaya

Abad ke-21 merupakan kebangkitan dari tumbuhan hijau dan banyak sekali produk kosmetik yang mempromosikan bahan-bahan organik. Salah satu bahan  yang sering digunakan adalah lidah buaya. Penggunaan lidah buaya telah meningkat dalam satu dekade terakhir.

Aloe Vera sangat berguna untuk kulit karena memperbaiki sel-sel mati, berguna dalam penurunan berat badan, mengurangi rambut rontok dan baik untuk tujuan kecantikan. Seseorang dapat menggunakan Aloe Vera dalam memproduksi jus yang dapat dimakan, pasta Aloe Vera, gel kecantikan dan produk sejenis lainnya.Tingginya permintaan Aloe Vera dapat membuat bisnis Anda sukses.

Memproduksi Produk Obat Herbal

Jahe, sereh, kayu manis dan beberapa tanaman herbal lainnya sangat diminati, apalagi di masa pandemi covid-19 seperti ini. Orang yang tinggal di kota jauh lebih menuntut produk herbal yang bisa menjaga imunitas tubuh karena mereka sulit mendapatkan produk murni.

Anda bisa mencoba usaha kecil untuk memproses produk herbal dan dapat menghasilkan banyak uang. Investasinya kecil dan keuntungannya cukup menjanjikan meskipun mungkin perlu waktu.

Baca juga : Tips Memilih Jasa Audit Keuangan

Jual Produk Kerajinan Dari Kayu

Kerajinan kayu hari ini sangat diminati. Orang-orang membeli kerajinan ini yang dirancang oleh penduduk setempat berdasarkan desain kuno dan tradisional. Alasan kenaikan penjualannya adalah karena orang ingin membantu penduduk setempat dan kedua produk kerajinan tradisional terlihat keren. Cara terbaik untuk menjual produk ini adalah melalui e-commerce.

Menjual produk kerajinan dari kayu adalah cara terbaik untuk mendapatkan banyak uang karena produk yang Anda beli dari penduduk setempat cukup murah sedangkan produk akhir yang Anda jual memiliki harga lebih tinggi.

Peluang bisnis kerajinan kayu didasarkan pada teknologi dan memerlukan perencanaan yang efisien dan strategi pemasaran online yang tepat untuk memulai. Anda juga perlu mengidentifikasi kekuatan pasar dan kompetitor.

Memproduksi dan Menjual Madu

Jika Anda mengamati sebuah perusahaan yang menjual madu maka Anda akan menemukan bahwa perusahaan tersebut membeli madu dari peternak lebah lokal dengan harga lebih rendah, dalam jumlah besar dan kemudian memprosesnya lalu menjualnya dengan harga yang sangat tinggi.

Penjualan yang tinggi itulah yang menghasilkan keuntungan besar. Seseorang juga dapat menggunakan metode ini dalam skala kecil dan menjual madu dengan harga rendah. Madu yang berkualitas bila diberi merek dan label bisa terlihat menarik.

Ada banyak usaha kecil yang menyediakan madu segar, murah dan berkualitas kepada masyarakat yang menghindari madu dengan bahan kimia. Bisnis Anda mungkin bisa menjadi salah satu yang menarik pasar di luar sana.

Menjual Produk Organik

Popularitas makanan organik membuat buah dan sayuran organik tumbuh sangat tinggi. Beberapa petani menjual produk organik mereka ke toko dan restoran lokal yang kemudian menjualnya kepada pembeli atau menggunakannya pada menu mereka.

Anda juga dapat membuka kios buah sendiri untuk menjual produk organik yang Anda tanam. Menjalankan pertanian organik membutuhkan keterampilan dan pembiayaan yang cukup besar untuk membeli peralatan, bibit dan pupuk organik. Anda juga harus meluangkan waktu di ladang untuk menyiangi dan menangani serangan serangga sesuai dengan standar organik yang ketat.

Sepuluh ide bisnis pertanian yang disebutkan di atas cukup umum dan digunakan di seluruh dunia. Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang dan sukses dalam bidang pertanian, cobalah megeksekusi beberapa ide bisnis di atas.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar