Ide Bisnis Peternakan

Macam-Macam Ide Bisnis Peternakan

Ide Bisnis Peternakan sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu business yang artinya kesibukan. Dengan kata lain bisnis merupakan suatu aktivitas yang memberikan keuntungan atau laba untuk  pelaku bisnis, baik perorangan ataupun organisasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan, baik kebutuhan perorangan, organisasi atau masyarakat luas. Di zaman sekarang semakin banyak orang tertarik dengan bisnis, apalagi dengan adanya market place. Dengan semakin majunya zaman, dengan semakin canggihnya dunia orang-orang berlomba untuk belajar bisnis. Dan dengan adanya internet pula ide-ide unutk membuka bisnis semakin melimpah.

Sebuah bisnis dibangun dengan adanya inovasi atau ide-ide yang dapat mensupport bisnis itu sendiri. ide bisnis merupakan respon dari pelaku bisnis baik perorangan ataupun kelompok untuk memecahkan masalah dari suatu bisnis demi untuk memajukan bisnis tersebut. Untuk mendapatkan ide bisnis tidaklah mudah, pelaku bisnis harus benar-benar mengetahui keadaan sekitar.

Apa Itu Bisnis Peternakan?

Ide Bisnis Peternakan
Ide Bisnis Peternakan

Bisnis yang menjamur pada zaman sekarang yaitu fashion store online, sebenarnya bisnis tidak hanya fashion store online pada market place saja. Banyak ide untuk membuka bisnis zaman sekarang. Diantaranya ada dengan membuka bisnis sewa-menyewa online, bisnis jual-beli tanaman, bisnis make-up, bisnis peternakan, bisnis café atau tempat makan, dan masih banyak ide bisnis yang bakal banyak peminatnya dipasaran.

Salah satu ide bisnis yang menarik dan menghasilkan keuntungan yang besar yaitu ide bisnis peternakan. Peternakan merupakan sebuah kegiatan mengembangbiakkan atau memelihara suatu jenis hewan ternak baik ungags atau hewan ternak lainnya untuk menghasilkan sesuatu untuk diperjual belikan di pasar. Hasil dari hewan ternak tersebut  seperti daging, susu, telur atau kulitnya dapat diperjual-belikan di pasaran. Selain itu, kotoran hewan pun dapat menghasilkan keuntungan yang dapat dijadikan pupuk organic untuk menyuburkan tanah.

Salah satu yang terpenting dalam ide bisnis peternakan yaitu tentang bagaimana memelihara dan merawat hewan ternak agar dapat berkembang dengan baik. Karena jika kita tidak mengetahui dasar ide bisnis peternakan nantinya akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kerugian dalam bisnis. Pastinya pelaku bisnis memulai bisnis nya dengan tujuan memperoleh keuntungan dan tidak ingin bisnisnya mengalami kerugian.

Ide bisnis peternakan sendiri sebenarnyaa banyak macamnya. Berikut macam-macam ide bisnis peternakan :

Baca Juga:  Apakah Penting Pembukuan Keuangan Perusahaan?

Baca juga : Ide Bisnis Pertanian

Ternak unggas (Ayam, Bebek, Itik)

Ide bisnis pertama yaitu dengan ternak unggas. Salah satu ternak hewan yang sedang banyak digandrungi oleh masyarakat sekarang yaitu dengan ternak unggas, lebih tepatnya ternak ayam potong, tetapi tidak jarang pula pelaku bisnis yang memilih untuk berbisnis ternak unggas berupa bebek atau itik.

Ternak unggas banyak diminati oleh banyak pelaku bisnis karena hewan unggas merupakan konsumsi masyarakat sehari-hari dan juga banyak pelaku usaha seperti penjual dipasar, restoran, rumah makan dan lain sebagainya yang menggunakan bahan dasar hewan ternak seperti ayam dan bebek, tetapi tak jarang pula itik digunakan sebagai bahan dasar masakan. Ide bisnis yang memiliki minat banyak maka akan mudah dijual selama peminat pasar masih banyak.

Selain daging dari hewan unggas yang dapat dijadikan ide bisnis yang menghsailkan keuntungan, ada juga telur hewan unggas yang dapat dijadikan ide bisnis pula. Tak hanya daging, telur dari ayam, bebek dan itik juga banyak diminati oleh para konsumen. Apalagi telur bebek dan telur ayam kampung yang harganya sedikit lebih mahal dari telur ayam ras.

Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya pelaku bisnis menyiapkan modal yang lumayan besar dan tentunya pelaku bisnis harus mempelajari terlebih dahulu dasar atau basic apa saja agar bisnis hewan ternak tidak merugi, seperti bagaimana cara merawat ayam agar tidak terkena flu burung sehingga berdampak dengan matinya ayam-ayam, atau bagaimana cara merawat kandang ayam dan masih banyak lainnya.

Ternak burung

Ide bisnis peternakan selanjutnya yaitu dengan ternak burung. Ide bisnis yang juga banyak diminati oleh pelaku usaha yaitu dengan ternak burung. Biasanya pelaku usaha yang memilih untuk ide bisnis ini mempunyai hobi memelihara burung. Biasanya bisnis yang berawal dari kesukaan atau minat maka menjalani bisnisnya juga akan senang dan lancar. Banyak jenis burung yang dapat digunakan untuk ide bisnis yang menguntungkan.

Baca juga : Mengelola Bisnis Secara Efektif

Sasaran utama dari bisnis ini biasanya adalah para bapak-bapak, karena bapak-bapak di Indonesia banyak yang menggemari dan memelihara burung, biasanya juga mereka menjadikan investasi untuk sewaktu-waktu dapat dijual dengan harga yang lebih atau bisa juga digunakan untuk lomba. Burung-burung yang biasanya dijadikan bisnis yaitu burung kicau, burung love bird, burung murai, burung dara, dan tak jarang pula burung kakak tua yang menarik minat masyarakat.

Baca Juga:  8 Cara Mengelola Bisnis Secara Efektif

Ternak burung ini juga tidak sembarang orang dapat melakukannya. Karena perawatannya sendiri juga tidaklah mudah tetapi tidak sesusah ternak unggas. Modal untuk perawatan yang dibutuhkan untuk bisnis ternak burung ini juga sebenarnya cukup terjangkau dengan keuntungan yang besar. Tetapi balik lagi dengan jenis burungnya, jika jenis burungnya seperti kakak tua, love bird dan sejenisnya tak jarang pula modal yang dibutuhkan cukup mahal. Namun, dengan modal yang cukup besar tetapi keuntungan yang didapat juga tak jauh lebih besar.

Ternak ikan lele, nila, mas

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan ternak ikan, baik ikan lele, nila atau mas. Ide bisnis ternak ikan ini juga tak kalah diminati oleh pelaku usaha dan juga banyak diminati oleh konsumen. Bisnis ternak ikan juga memiliki prospek yang bagus, karena tidak dapat dipungkiri bahwa banyak masyakarat yang mengonsusmi ikan, baik itu lele, nila maupun emas dan peminatnya juga termasuk stabil.

Modal yang dibutuhkan untuk membeli bibit ikan pun tidak terlalu mahal termasuk biaya perawatanannya juga tidak terlalu mahal. Setidaknya pelaku usaha mengetahui bagaimana perawatannya dan mempunyai lahan yang besar untuk ikan berkembangbiak. Tetapi pelaku usaha juga harus melihat-lihat lokasi usaha, usahakan lokasinya tidak dekat dengan sungai karena bisa saja ketika banjir dan saluran air tidak terbendung lagi, kolam akan meluap dan ikan akan keluar dari kolam. Pemasaran ternak ikan ini juga sangat muda, seperti menjualnya ke pasar, rumah makan atau berjualan dari rumah pun bisa dilakukan. Jadi jangan khawatir ide bisnis ini tidak menguntungkan

Ternak  jangkrik

Ternak jangkrik juga merupakan ide bisnis yang mempunyai prospek cukup bagus. Ide bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar dan perawatannya juga cukup mudah. Seperti kita ketahui jangkrik adalah salah satu pakan untuk ternak burung maupun ikan. Tempat untuk berkembangbiak jangkrik juga tidak memakan tempat yang luas, jadi menghemat budget untuk menyewa atau membeli tempat untuk jangkrik berkembang biak. Sasaran konsumennya juga biasanya untuk ternak burung jadi tak perlu khawatir jika ide bisnis ini kurang diminati, karena jika sasaran utamanya yaitu pelaku usaha ternak burung.

Itulah beberapa ide bisnis peternakan yang bisa anda kelola dengan mudah.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top