Istilah dalam Akuntansi yang Kerap Digunakan

Istilah dalam Akuntansi – Akuntansi dalam hal ini biasanya akan menyajikan informasi keuangan secara kuantitatif dan relevan sterhadap pihak yang berkepentingan untuk mengambil keputusan ekonomi, seperti mengukur keberhasilan operasi perusahaan dalam membuat rencana di masa yang akan datang.

Bisa diikatakan jika akuntansi adalah sebuah proses pengidentifikasian, pengukur, serta melaporkan informasi ekonomi yang akan memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang memakai informasi tersebut.

Dalam hal ini bagi Anda y terjun ke ang berencana dalam dunia keuangan maupun investasi, maka sebenarnya tidak cukup jika hanya mempunyai modal besar, kemauan, dan keberuntungan. Namun juga, juga perlu mempunyai pengetahuan dasar tentang istilah akuntansi. Berikut beberapa istilah dalam akuntansi yang kerap digunakan.

Istilah Dalam Akuntansi Yang Biasa Digunakan

Istilah dalam Akuntansi
Istilah dalam Akuntansi

Piutang usaha

Piutang dagang atau AR merupakan jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk bisnis pada saat barang atau jasa itu sudah dikirim dan atau digunakan.

Akuntansi

Akuntansi atau ACCG merupakan istilah dalam akuntansi selanjutnya yaitu cara sistematis untuk mencatat dan melaporkan transaksi keuangan setiap keperluan bisnis atau organisasi.

Hutang usaha

Hutang dagang atau AP merupakan jumlah uang yang harus dibayar perusahaan kepada kreditor atau para pemasok, dan sebagainya, sebagai imbalan atas barang dan atau jasa yang telah mereka kirimkan.

Aset (tetap dan saat ini)

Aset atau disebut tetap dan lancar. Aset lancar atau CA merupakan sebeuah aset yang akan dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu satu tahun. Umumnya, ini bisa berupa uang tunai, inventaris atau piutang.

Sementara aset tetapatau FA bersifat jangka panjang serta kemungkinan besar akan memberikan keuntungan bagi perusahaan selama lebih dari satu tahun, misalanya seperti real estate, tanah atau mesin utama.

Kelas aset

Istilah dalam akuntansi selanjutnya yaitu kelas asset. Kelas aset merupakan sekelompok sekuritas yang berada serupa di pasar. Tiga kelas aset utama yiatu seperti ekuitas atau saham, pendapatan tetap atau obligasi, dan setara kas atau instrumen pasar uang.

Neraca (BS)

Neraca atau BS. Ini merupakan laporan keuangan yang merangkai aset perusahaan atau apa yang dimilikinya, kewajiban atau apa yang terutang serta ekuitas pemilik atau pemegang saham, pada waktu tertentu.

Modal

Istilah dalam akuntansi selanjutnya adalah Capital atau CAP.  Ini merupakan aset keuangan atau nilai aset keuangan, seperti uang tunai atau barang. Modal kerja ini akan dihitung dengan mengambil aset Anda saat ini lalu kemudian akan dikurangkan dari kewajiban lancar pada dasarnya uang atau aset yang mana bisa digunakan organisasi untuk bekerja.

Arus Kas

Arus Kas atau CF merupakan pendapatan atau beban yang diharapkan bisa dihasilkan melalui aktivitas bisnis seperti penjualan, manufaktur, dan sebagainya selama periode waktu tertentu.

Akuntan Publik Bersertifikat

Istilah dalam akuntansi selanjutnya adalah akuntan publik atau CPA. Ini merupakan penunjukan yang diberikan kepada seorang akuntan yang sudah lulus ujian CPA standar   serta telah memenuhi pengalaman kerja yang ditunjuk oleh pemerintah dan persyaratan pendidikan untuk menjadi CPA.

Harga pokok penjualan

Harga pokok penjualan atau COGS. Merupakan   pengeluaran langsung yang berhubungan dengan produksi barang yang dijual oleh suatu bisnis. Untuk rumus untuk menghitung ini akan bergantung pada apa yang diproduksi, namun sebagai contoh ini akan mungkin termasuk biaya bahan mentah dan jumlah tenaga kerja yang dipakai dalam produksi.

Baca juga : Pembukuan Keuangan Sekolah

Kredit

Kredit atau CR) merupakan entri akuntansi yang bisa menurunkan aset atau meningkatkan kewajiban dan ekuitas pada neraca perusahaan, yang mana tergantung pada transaksinya. Ketika menggunakan cara akuntansi entri ganda, maka akan ada dua entri yang dicatat untuk setiap transaksi: kredit dan debit.

Debit

Istilah dalam akuntansi Debit atau DR. Merupakan entri akuntansi di mana ada peningkatan aset atau penurunan kewajiban pada neraca perusahaan.

Diversifikasi

Diversifikasi ytaitu poses mengalokasikan atau menyebarkan investasi modal ke dalam berbagai aset dengan tujuan untuk menghindari risiko yang berlebihan.

Agen Terdaftar (EA)

Definisi agen terdaftar (EA):  Seorang profesional pajak yang mewakili pembayar pajak dalam hal-hal yang berurusan dengan Internal Revenue Service (IRS).

Ekuitas dan Ekuitas Pemilik

Istilah dalam akuntansi adalah Ekuitas dan ekuitas pemilik atau disebut dengan OE.   Dalam pengertian yang paling umum, ekuitas ini sendiri merupakan aset dikurangi kewajiban. Ekuitas pemilik biasanya akan dijabarkan dalam hal persentase saham yang dipunyai seseorang dalam kepemilikan perusahaan. Pemilik saham dikenal sebagai pemegang saham.

Kebangkrutan

Kebangkrutan. Ini merupakan keadaan di mana individu atau organisasi tidak bisa lagi memenuhi kewajiban keuangan dengan pemberi pinjaman saat hutang mereka jatuh tempo.

Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum

Istilah dalam akuntansi yaitu prinsip akuntansi yang diterima secara umum atau disebut dengan GAAP.  Merupakan serangkaianan aturan dan pedoman yang dikembangkan oleh industri akuntansi untuk bia diikuti perusahaan untuk melaporkan data keuangan. Mengikuti aturan ini nyatanya sangat penting untuk semua perusahaan publik.

Buku besar

Definisi buku besar atau GL yaitu catatan lengkap dari transaksi keuangan selama umur perusahaan.

Neraca Saldo

Saldo percobaan merupakan sebuah dokumen bisnis di mana semua buku besar disatukan menjadi kolom debit dan kredit untuk memastikan bahwa sistem pembukuan perusahaan benar secara matematis.

Kewajiban

Definisi kewajiban atau saat ini dan jangka panjang merupakan sebuah hutang atau kewajiban keuangan perusahaan yang timbul selama operasi bisnis. Kewajiban lancar atau CL yaitu hutang yang harus dibayar dalam satu tahun, seperti hutang kepada pemasok.

Kewajiban jangka panjang atau LTL pada umumnya akan dibayarkan selama jangka waktu lebih dari satu tahun. Sebagai contoh kewajiban jangka panjang adalah hipotek multi-tahun untuk ruang kantor.

Perseroan terbatas

Istilah dalam akuntansi yaitu perseroan terbatas atau disebut dengan LLC. LLC ini merupakan struktur perusahaan di mana anggota tidak bisa dimintai pertanggungjawaban atas hutang atau kewajiban perusahaan. Hal ini juga akan bisa melindungi pemilik bisnis dari setiap kehilangan seluruh tabungan hidup mereka jika. Sebagai contoh, seseorang menuntut perusahaan.

Laba Bersih

Pengertian laba bersih atau yang disebut dengan NI merupakan penghasilan total perusahaan, juga disebut juga dengan laba bersih. Pendapatan bersih ini pun biasanya akan dihitung dengan mengurangkan total biaya dari total pendapatan.

Laporan laba rugi

Definisi laporan laba rugi atau yang disebut dengan P&L. Ini merupakan laporan keuangan yang biasanya akan dipakai untuk merangkum kinerja dan posisi keuangan perusahaan dengan cara meninjau pendapatan, biaya, serta masalah pengeluaran selama periode waktu tertentu, misalnya saja seperti tahunan.

Itulah beberapa istilah dalam akuntansi yang harus anda ketahui jika ingin berkecimpung dalam dunia akuntansi.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar