Macam-Macam Jenis Rasio Keuangan Terbaik

Pada saat anda menentukan keputusan yang berhubungan dengan finansial biasanya selalu melakukan pertimbangan dengan berbagai rasio keuangan. Menggunakan rasio keuangan dapat dijadikan salah satu alat penting dalam mengukur kemajuan dari perusahaan anda serta dapat mencapai tujuan dan dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya atau kompetitor.

Melakukan analisis terhadap rasio bisa juga di lakukan dengan mengisi dari waktu ke waktu, sehingga dapat membantu perusahaan anda dalam mengenali serta beradaptasi dengan tren yang berpengaruh terhadap operasional.

Tidak hanya itu saja pada saat melakukan rasio keuangan juga akan memberikan satu ukuran utama dalam perusahaan yang berhasil dari berbagai perspektif bankir, investor sampai dengan analisis bisnis.

Ada juga dari beberapa perusahaan dalam memperoleh pembiayaan utang sangat bergantung pada rasio keuangan dari perusahaan tersebut.

Pasti dari kalian juga belum mengerti mengenai apa itu rasio dan apa saja macam-macam rasio keuangan yang baik dan bisa kamu gunakan. Mari kita bahas satu persatu secara jelas lebih paham lagi.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Rasio Keungan

Macam-Macam Jenis Rasio Keuangan
Macam-Macam Jenis Rasio Keuangan

Sebelum masuk di pembahasan mengenai macam-macam rasio keuangan lebih baik anda harus benar-benar memahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari rasio keuangan supaya tidak terjadi salah arti.

Rasio keuangan merupakan salah satu metode yang digunakan untuk melakukan analisis terhadap suatu keuangan dan menjadi salah salah satu indikator penilaian dalam perkembangan perusahaan.

Selain itu, pada rasio keuangan juga menawarkan mengenai bagaimana cara untuk melakukan evaluasi terhadap beberapa kinerja perusahaan, sehingga menimbulkan perbandingan dengan bisnis-bisnis yang serupa.

Ada beberapa perusahaan yang menggunakan rasio sebagai alat untuk mengambil sebuah keputusan terkait penyelamatan aset perusahaan supaya tidak salah ketika akan mengambil suatu keputusan.

Pada saat membuat rasio keuangan harus di ukur dengan hubungan antara dua komponen maupun lebih di laporan tersebut agar mendapatkan informasi yang sesuai dengan perusahaan atau usaha milik anda.

Angka-angka terdapat di laporan keuangan tersebut berbentuk seperti neraca, laporan keuangan laba rugi, laporan arus kas yang dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan analisis penelitian kuantitatif sampai dengan menilai likuiliditas terhadap perusahaan.

Rasio keuangan yang paling efektif akan membantu anda dalam membandingkan hasil selama beberapa periode dan kemungkinan akan memudahkan pada saat kamu akan melakukan tracking terhadap beberapa kinerja perusahaan dalam kurun waktu berapa hari,bulan tahun ke depan.

Baca juga : Kenapa Bisnis Membutuhkan Akuntansi

Macam-Macam Rasio Keuangan

Melakukan analisis terhadap rasio keuangan, anda tidak bisa begitu saja secara mudah untuk memilih dan harus mengerti jenis masing-masing dari rasio keuangan tersebut agar tidak sampai terjadi salah pilih.

Setelah membahas mengenai penjelasan secara detail mengenai pengertian dari rasio keuangan, mari kita lanjutkan membahas mengenai beberapa pilihan mengenai macam-macam rasio keuangan yang bisa di gunakan oleh perusahaan dan pengusaha.

Rasio Likuiditas

Macam-macam rasio keuangan pertama dan bisa anda jadikan pilihan adalah Rasio Likuiditas.

Rasio Likuiditas merupakan rasio dengan kemampuan dalam mengukur likuiditas dalam jangka waktu panjang di suatu perusahaan maupun bisnis yang anda miliki.

Pada saat anda melihat aktiva yang lancar di suatu perusahaan maupun bisnis pasti akan berpengaruh terhadap utang lancar dan artinya rasio tersebut memberikan tampilan terhadap kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajibannya, yaitu membayar utang.

Untuk kamu yang akan menggunakan macam-macam rasio keungan satu ini bisa menggunakan rumus di bawah ini.

  • Rasio dengan kondisi lancar, maka rumus nya adalah (aktiva lancar : utang lancar x 100%).
  • Menggunakan rasio cepat, rumus nya adalah (aktiva lancar – persediaan atau urtang lancar x 100%)
  • Rasio Kas atau Cash Ratio mempunyai rumus {(kas+setara kas):utang lancarx100%}

Anda bisa memilih beberapa rumus yang sudah di jelaskan pada macam-macam rasio keungan likulidas dan tentunya gunakan sesuai dengan dibutuhkan serta kemampuan agar tidak terjadi kesalahan dalam menghitung.

Rasio Aktivitas

Untuk macam-macam rasio keuangan yang kali ini adalah Rasio Aktivitas.

Rasio Aktivitas merupakan rasio yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mengukur suatu efektivitas dari sebuah perusahaan dalam memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan atau usaha.

Sehingga, ketika menggunakan rasio aktivitas akan dapat menilai seberapa tinggi dari tingkat aktivitas aktiva-aktiva pada berbagai kegiatan tertentu.

Ketika menjumpai aktiva yang rendah maka akan memberikan dampak terhadap penjualan dan tentunya akan memberikan besaran dana yang harus d tanamkan pada aktiva tersebut.

Pada saat anda mempunyai jumlah dana yang berlebih maka untuk opsi lainnya adalah kamu bisa melakukan penanaman di beberapa aktiva lainnya dengan tingkat produktif paling tinggi.

Baca juga : Tips Untuk Pengusaha Pemula

Rumus dalam menghitung macam-macam rasio keuangan yang satu ini adalah:

  • Putaran Utang : Penjualan bersih : Rata-rata piutang dagang.
  • Putaran Persediaan : Harga pokok penjualan : Rata-Rata persediaan.
  • Putaran Aktiva tetap : Penjualan : Total aktiva.
  • Putaran Total Aktiva : Penjualan : Total Aktiva

Rasio Solvabilitas

Macam-macam rasio keuangan yang selanjutnya adalah ada Rasio Solvabilitas.

Pada jenis rasio yang satu ini banyak di kenal dengan sebutan laverage ratio dan banyak digunakan di saat menilai kemampuan sebuah perusahaan atas melakukan pelunasan utang dan seluruh kewajibannya.

Dengan memberikan jaminan modal maupun harta kekayaan dalam bentuk apa pun itu atau yang sering disebut dengan aktiva akan memberikan dampak pada jangka panjang.

Rumus dari macam-macam rasio keungan solvabilitas di bagi menjadi dua, supaya anda bisa memilih dengan menggunakan rumus sesuai dengan kebutuhan perhitungan.

Untuk rumus rasio tetap terhadap sebuah aktiva adalah (total uang:total aktiva)x100% dan sedangkan untuk rasio utang terhadap ekuitas rumus nya (total uang modal)x100%.

Rasio Profitabilitas

Pada macam-macam rasio keungan profilitas menjadi salah satu rasio yang banyak digunakan sebagai alat untuk mengukur dan melihat kemampuan perusahaan dalam memberikan hasil keuntungan dari perusahaan tersebut.

Rasio Profitabilitas sangat diperlukan dan penting karena dijadikan sebagai salah satu jantung dari perusahaan tersebut dan perusahaan tersebut akan bergantung selama masih memberikan keuntungan.

Analisis dengan menggunakan rasio profibilitas di bagi menjadi tiga jenis yaitu margin laba kotor, margin laba operasi sampai dengan margin laba bersih. Setiap margin tersebut mempunyai perhitungan rumus berbeda-beda.

Untuk rumus margin laba kotor adalah (laba bersih : penjualan x 100%), sedangkan untuk rumus dari margin laba operasi (laba kotor : penjualan bersih x 100%) dan yang terakhir rumus dari margin laba bersih (laba bersih setelah pajak : penjualan bersih x 100%).

Hal terpenting pada saat akan menentukan sebuah rasio keuangan lebih baik memperhatikan terlebih dahulu dengan kebutuhan yang sedang dibutuhkan agar mendapatkan hasil sesuai dengan yang dibutuhkan juga.

Penjelasan di atas mengenai pengertian rasio keuangan sampai dengan macam-macam rasio keuangan bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika akan memilih sebuah rasio keuangan agar tidak terjadi salah pilihan dan berdampak negatif di kemudian hari.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar