Ingin Mempercantik Lantai Kamar Mandi? Yuk, Simak Jenis dan Tips dari 1000saudara.com SEKARANG!

Untuk membuat kamar mandi agar terlihat lebih cantik, menawan dan aman saat digunakan oleh keluarga, pastinya membutuhkan ketelitian saat akan memilih interior yang ada didalamnya. Contohnya saja adalah interior yang akan digunakan didalam kamar mandi seperti kran, shower, wastafel, kloset, bathtub, cat tembok dan dinding, terutama yang perlu diperhatikan adalah lantai kamar mandi.

Memilih lantai kamar mandi bukan hanya sekadar menyesuaikan interior ruangan yang diinginkan saja. Namun, jangan melupakan jika lantai kamar mandi juga memiliki peran penting sebagai kelembaban karena akan terpapar air setiap harinya, baik air bersih atau air dari sabun yang digunakan. Belum lagi lumut ataupun jamur yang bersarang di kamar mandi jika tidak dibersihkan setiap hari.

Selain memilih pola ataupun warna untuk digunakan pada lantai kamar mandi perlu juga untuk memperhatikan lapisan tekstur anti slip untuk meminimalisir licin atau terpeleset di dalam kamar mandi. Selain itu, kelicinan yang ada di lantai kamar mandi harus diperhatikan, karena demi menjaga keamanan dan kenyamanan penggunanya. Atau jika memilih lantai kamar mandi yang terlalu berserat akan membuat kamar mandi meninggalkan banyak noda karena sulit dihilangkan.

Jenis Lantai Kamar Mandi

Maka dari itu, untuk memilih interior seperti diatas membutuhkan waktu dan referensi yang banyak, apalagi harus survei untuk memilih bahan dan budget yang diinginkan. Untuk itu, yuk simak jenis-jenis lantai kamar mandi menurut 1000saudara.com

Batu Alam

Jika menggunakan lantai kamar mandi dengan jenis batu alam akan membuat kamar mandi terlihat lebih estetik dan minimalis seperti rumah modern, batu alam memiliki tekstur tidak merata dan sedikit kesat, hal ini akan membuat lantai tersebut tidak mudah licin saat digunakan, namun harus rajin dibersihkan agar tidak mudah berlumut.

Keramik

Keramik menjadi salah satu pilihan alternatif yang biasa digunakan untuk lantai kamar mandi, terutama porselen. Selain tahan air, corak keramik juga cukup beragam, jadi bisa disesuaikan dengan selera.

Namun, salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu, keramik juga bisa licin. Jadi, harus tetap berhati-hati saat melangkah dan harus rajin membersihkan setiap saat.

Lantai Vinyl

Lantai vinyl juga bagus untuk lantai kamar mandi. Material ini tahan air, awet, dan cukup fleksibel. Selain itu, keunggulan lain papan vinyl yaitu tidak licin yang membuat aman saat melangkah.

Granit

Granit terkenal dengan permukaan yang sedikit kasar dan tidak mudah licin saat terkena tetesan air. Selain memiliki kelebihan anti licin, keramik jenis ini juga dapat menambah estetika kamar mandi, terutama bila Anda menyukai nuansa klasik minimalis. 

Untuk menghadirkan kesan mewah dapat menggunakan konsep satu tone pada keseluruhan ruangan, lalu padukan dengan furniture dan peralatan mandi berwarna putih. Jangan ragu untuk memodifikasi keramik menjadi bentuk horizontal ataupun vertikal agar semakin mewah. Meski memiliki harga yang cenderung lebih mahal, keramik ini anti licin. Jadinya, aman digunakan untuk anak-anak atau usia lanjut usia (lansia) karena bisa menghindari resiko terpeleset dari lantai yang basah.

Heksagonal

Heksagonal memiliki bentuk yang unik dan sangat akan cocok untuk kamar mandi yang kekinian. Pilih warna yang kontras untuk hasil yang elegan. Seperti contoh, keramik lantai berwarna hitam sedangkan dinding dan toilet berwarna putih. 

Keramik heksagonal yang bentuknya kecil memiliki banyak sambungan. Inilah yang membuat lantai jadi lebih kesat. Serta, air lebih cepat kering di lantai jenis ini. 

Ubin Mosaik

Material ini memang jarang digunakan untuk lantai kamar mandi,  biasanya digunakan untuk dinding karena coraknya yang menarik. Padahal, ubin mosaik bisa juga digunakan sebagai lapisan luar lantai kamar mandi.

 Salah satu hal yang perlu diingat yaitu material ini mudah kotor. Jadi, jika memilih ubin mosaik harus ada komitmen untuk rutin menjaga kebersihan kamar mandi setiap hari agar tidak meninggalkan noda.

Semen

Salah satunya yang bisa menjadi inspirasi lantai kamar mandi adalah unpolished concrete atau semen. Material yang satu ini konon katanya paling tahan air sehingga tidak mudah rusak. Namun, seperti halnya keramik, beton juga bisa licin jika tidak dibersihkan dengan teratur.

Tips Memilih Lantai Kamar Mandi

Selain itu, ada tips memilih lantai kamar mandi menurut 1000saudara.com

Sesuaikan Ukuran Ruangan

Lantai kamar mandi memiliki banyak sekali pilihan ukuran. Dari yang sangat besar seperti kepingan batu alam, hingga keramik kecil seperti yang biasa digunakan untuk membuat pola mozaik. Sesuaikan ukuran ini dengan ukuran kamar mandimu.

Untuk memiliki kamar mandi berukuran besar, bisa meminimalisir penggunaan keramik dengan ukuran terlalu kecil. Jika Anda menyukai pola keramik kecil, gunakanlah pada sebagian tempat saja sebagai elemen dekoratif. Untuk kamar mandi kecil, penggunaan ukuran keramik lebih bisa eksploratif.

Hanya saja, penggunaan keramik berukuran besar untuk kamar mandi berukuran kecil bisa sangat boros karena akan ada banyak bagian keramik yang terpotong dan terbuang.

Tata Letak

Gunakan pola diagonal ketika memasang lantai keramik kamar mandi kecil. Pola diagonal memberikan ilusi pada pikiran kita sehingga membuat kamar mandi tampak lebih besar dari ukuran yang sebenarnya. Selain itu, memasang ubin dengan cara ini akan memberikan ketertarikan kepada orang yang melihatnya.

Perhatikan Tekstur Keramik

Dikarenakan lantai kamar mandi kerap basah dan lembab, tekstur keramik sangat perlu diperhatikan. Keramik dengan permukaan glossy dan licin tentu akan lebih berbahaya karena bisa membuatmu terpeleset.

Pilihlah keramik kamar mandi yang bertekstur kasar sehingga tidak terasa licin meski dalam keadaan basah. Ukuran yang tak terlalu besar juga membantu memberikan efek kasar pada keramik lantai keramik.

Jika masih menginginkan keramik bertekstur licin, gunakan keramik ini pada area kering. Jangan lupa buatlah ruang shower tertutup dengan kaca ataupun shower curtain sehingga air tak terciprat ke atas permukaan keramik lantai kamar mandi yang licin.

Yuk silahkan cari bahan material untuk kamar mandi di 1000saudara.com agar Anda bisa menemukan barang yang Anda perlu dengan kualitas terbaik dan harga yang lebih TERJANGKAU!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar