Perbedaan Keuangan dan Akuntansi

Yuk Cari Tahu! Ini Perbedaan Keuangan dan Akuntansi Yang Perlu Kamu Pahami

Perbedaan Keuangan dan AkuntansiKeuangan dan akuntansi, kira-kira apa yang membedakan keduanya? Meski terbilang masih dalam konten yang relatif sama, ada perbedaan keuangan dan akuntansi yang mendasar. Penasaran apa itu? Selengkapnya simak di bawah ini.

Untuk orang awam tampaknya tidak ada yang berbeda antara keuangan dan akuntansi. Keduanya sama-sama soal angka, perhitungan, uang dan sebagainya. Tetapi bagi kamu yang terjun di dalam dunia bisnis, itu tentu saja tidak benar.

Bagi seorang pebisnis jelas ada garis pembeda pada keuangan dan akuntansi. Di mana untuk itu harus dipahami perbedaan di antaranya sehingga bisnis dapat dikelola dengan tepat. Ya, mengingat keduanya memang memiliki peran penting yang dapat mendukung pengambilan suatu keputusan dalam bisnis nantinya.

Mengetahui Apa Itu Keuangan

Untuk tahu perbedaan keuangan dan akuntansi, kamu perlu tahu dulu apa itu keuangan. Istilah ‘Keuangan’ pastinya sudah seringkali kita dengar. Tapi tahukah kamu sebetulnya apa itu keuangan? Menurut pengertiannya keuangan adalah ilmu tentang perolehan dan alokasi (yaitu pengeluaran dan investasi) dana dengan efektif.

Sementara secara teknik, keuangan merupakan suatu bagian dari ekonomi. Yang mana itu berkaitan dengan alokasi serta pengelolaan sumber daya. Sehingga sangat penting untuk dikelola sebaik mungkin oleh suatu perusahaan atau bisnis.

Definisi lainnya, keuangan adalah suatu proses penyediaan dana bagi kegiatan usaha, pembelian atau investasi. Dengan lembaganya seperti bank sebagai penyedia modal usaha, nasabah atau investor yang membantu mencapai tujuan mereka.

Istilah keuangan memang memiliki arti yang lebih luas. Biasanya digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan perhitungan. Seperti manajemen, penciptaan, studi tentang uang dan juga investasi.

Adapun aspek utama dari keuangan adalah nilai waktu dari uang. Maksudnya nilai uang akan berubah seiring waktu ke waktu. Sehingga ini akan membantu dalam menganalisis setiap anggaran guna memilih rencana investasi yang optimal.

Mengenal Apa Itu Akuntansi

Nah, sekarang kamu sudah tahukan apa itu keuangan? Maka kini saatnya kamu mencari tahu tentang apa itu akuntansi. Perbedaan keuangan dan akuntansi dapat jelas terlihat jika kamu juga memahami pengertian akuntansi.

Baca Juga:  Macam-Macam Cara Membuat Jurnal Umum

Secara sederhana, akuntansi adalah suatu proses yang digunakan dalam menganalisis data terkait pengelola aliran keuangan. Yakni dari mana uang berasal dan ke mana saja uang tersebut digunakan.

Baca juga : Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking

Ini juga bisa dikatakan proses lengkap guna mencatat, mengidentifikasi, meringkas dan merekam. Juga melaporkan, mengklarifikasi, menafsirkan dan menganalisis informasi terkait keuangan. Di mana akuntansi adalah seni merekam secara sistematis transaksi. Dengan tujuan menjaga jejak laporan keuangan tepat sesuai standar akuntansi.

Perbedaan Keuangan dan Akuntansi

Dari penjelasan di atas bisa diketahui kalau keuangan dan akuntansi sebenarnya saling berhubungan. Lalu apa perbedaannya? Jika kamu pahami lebih dalam, keuangan dan akuntansi terlihat berbeda dari beberapa segi. Apa saja itu?

Berikut adalah 7 perbedaan keuangan dan akuntansi yang perlu kamu tahu:

Dari Segi Definisi

Perbedaan yang pertama bisa diketahui dari segi definisi. Keuangan adalah ilmu tentang pengelolaan dana dengan cara terbaik dalam sebuah bisnis. Sedangkan akuntansi adalah ilmu pencatatan atau pelaporan transaksi keuangan bisnis.

Dari Segi Tujuan

Perbedaan keuangan dan akuntansi selanjutnya terlihat dari segi tujuannya. Jika keuangan akan memberikan informasi keuangan hanya kepada pihak internal perusahaan. Di mana itu demi kepentingan di masa depan. Maka akuntansi akan memberikan informasi laporan keuangan ke pihak internal maupun eksternal.

Dari Segi Pekerjaan / Karir

Keuangan menciptakan pekerjaan bagi bankir, analis keuangan, finansial planner atau konsultan keuangan. Sementara seorang profesional akuntansi bisa berkarier menjadi akuntan, konsultan pajak atau auditor.

Dari Segi Atribut / Alat

Dalam hal ini, perbedaan keuangan dan akuntansi sangat kentara. Keuangan itu meliputi analisis rasio dan risiko, anggaran modal usaha, leverage, manajemen modal kerja dll. Sedangkan akuntansi meliputi laporan laba rugi, arus kas, neraca dan lain sejenisnya. Termasuk laporan perubahan modal dan laba ditahan.

Dari Segi Ruang Lingkup

Ruang lingkup keuangan adalah kegiatan dalam pengelolaan dana dengan cara yang paling baik. Sedangkan untuk ruang lingkup akuntansi adalah penyimpanan catatan transaksi. Di mana itu dilakukan secara sistematis.

Dari Segi Manfaat

Jika dilihat dari manfaatnya, perbedaan keuangan dan akuntansi terbilang cukup signifikan. Manfaat keuangan ialah untuk menyajikan suatu informasi keuangan guna memprediksi kinerja di masa depan. Sementara manfaat akuntansi adalah memberikan catatan transaksi untuk memahami posisi finansial perusahaan.

Baca Juga:  Kamu Harus Tahu! Begini Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking

Baca juga : Perbedaan Cek dan Bilyet Giro

Pembagian Jenis

Dalam teorinya, keuangan dibagi menjadi tiga jenis. Yaitu keuangan perusahaan, keuangan publik, dan keuangan pribadi. Sementara akuntansi ada empat jenis. Yaitu akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, dan akuntansi pemeriksaan. Serta satu lagi yang terakhir yaitu akuntansi pemerintahan.

Fungsi Keuangan dan Akuntansi 

Keuangan dan akuntansi sama-sama merupakan bagian dari ekonomi. Keduanya saling bergantung satu sama lain. Di mana akuntansi adalah bagian dari keuangan sementara keuangan tergantung pada akuntansi.

Oleh karena itu, keuangan dan akuntansi sangat berhubungan erat. Fungsi keduanya pun sangat penting terutama dalam berbisnis. Berikut adalah beberapa fungsi beserta penjelasannya yang bisa kamu simak:

Menyusun Laporan Keuangan

Akuntansi maupun keuangan sama diperlukannya guna melakukan pemeriksaan berkaitan keuntungan dan kerugian. Karenanya itu sangat membantu dalam hal menyusun laporan keuangan. Yang mana laporan itu bisa sebagai bahan evaluasi untuk menentukan langkah terbaik ke depannya.

Monitoring dan Controlling Bisnis

Jelas bahwa akuntansi keuangan punya peran yang sangat penting dalam suatu bisnis. Yaitu untuk melakukan monitoring dan controlling. Di mana setiap kali transaksi yang dilakukan oleh perusahaan akan terus dipantau. Sehingga potensi adanya kerugian dapat diminimalisir.

Mendukung Perusahaan Mencapai Tujuan

Agar perusahaan maju dibutuhkan perhitungan dana, pengelolaan dan pemilihan keputusan yang tepat. Fungsi keuangan dan akuntansi sangat penting dalam hal itu. Di mana dengan data dan laporan yang disiapkan, perusahaan dapat melihat gambaran posisi finansial. Perusahaan pun bisa menentukan rencana yang lebih optimal untuk mencapai tujuannya.

Penyusun Informasi Akurat

Terkait dengan adanya siklus perubahan ekonomi netto, akuntansi memegang peran yang penting. Yakni dalam hal merangkai data yang tetap. Siklus ini sendiri biasanya dikarenakan adanya aktivitas finansial untuk meraih keuntungan.

Memudahkan Evaluasi Bisnis

Evaluasi adalah hal yang amat penting dalam mengelola sebuah bisnis. Dengan mengevaluasi diri, perusahaan dapat melakukan perbaikan. Salah satu yang bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi adalah laporan keuangan.

Laporan tersebut bisa jadi pertimbangan dalam perencanaan masa depan bisnis. Karenanya, akuntansi juga sangat berfungsi untuk memudahkan proses evaluasi.

Itulah tadi pengertian dan sederet perbedaan keuangan dan akuntansi. Juga fungsinya dalam bisnis yang perlu kamu pahami. Dapat kita ketahui di sini, walaupun berbeda tapi keduanya memiliki kaitan yang erat. Karenanya dalam setiap bisnis, keuangan dan akuntansi akan terlibat sedemikian rupa.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top