Kamu Harus Tahu! Begini Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking

Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet BankingKamu sering was-was saat mengikuti transaksi online? Mau tahu tips aman bertransaksi melalui internet banking? 

Tindak kejahatan cyber ini belakangan memang masih terus merajalela. Itu sebabnya sangat penting untuk kamu terus berhati-hati.

Di era serba digital ini, internet banking sudah menjadi bagian dalam sehari-hari. Segala kemudahan yang diberikan membuat lebih banyak orang menggunakannya. Namun di sisi lain, tak dipungkiri kalau rasa cemas seringkali muncul. Kenapa?

Pasalnya cyber crime perbankan atau phising sekarang ini marak terjadi. Terlebih pada pelaku transaksi internet banking yang masih belum paham langkah mengamankannya. Untuk itu, sebaiknya perhatikan ulasan di bawah ini.

Apa Itu Internet Banking?

Kamu pasti sudah cukup sering mendengar istilah internet banking. Tapi tahukah kamu sebetulnya apa itu? Sebelum membahas lebih lanjut soal tips aman bertransaksi melalui internet banking, yuk ketahui dulu pengertiannya.

Internet banking merupakan sebuah layanan online dari perbankan. Yang mana untuk pengoperasiannya perlu menggunakan teknologi internet. Tujuan dari adanya layanan ini ialah untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi.

Transaksi yang bisa dilakukan di sini sangat beragam. Mulai dari buka rekening baru, mutasi rekening, transfer dana hingga cek saldo. Selain itu, bisa juga untuk melakukan pembayaran seperti tagihan listrik, air, pajak dan kartu kredit.

Untuk bisa akses internet banking ini, kamu hanya perlu jaringan internet. Kamu dapat melakukannya lewat smartphone, laptop ataupun PC. Kamu pun tidak perlu lagi keluar biaya. Yang terpenting koneksi internetnya bagus, tidak lemot.

Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking

Melakukan transaksi internet banking sangatlah mudah. Walau begitu, tak sedikit yang masih takut menggunakannya. Bukan karena sulit melainkan ragu soal keamanannya.

Padahal dari pihak bank sudah mengambil banyak tindakan proteksi. Sehingga layanan ini dipastikan aman dan terjamin. Namun kalau hanya proteksi dari bank saja mungkin belum cukup. Kamu juga perlu lakukan hal yang sama.

Nah, berikut adalah beberapa tips aman bertransaksi melalui internet banking yang bisa kamu lakukan:

Baca juga : Perbedaan Cek dan Bilyet Giro

Ketik URL Internet Banking dengan Benar

Penting pastikan kamu menuju situs yang benar-benar resmi milik bank terkait. Masukkan URL di bilah pencarian dengan benar. Lalu cek di bagian atas halaman untuk memastikan ada ikon gemboknya.

Jika kamu mendapat pesan yang mengarah ke situs tertentu, tidak usah tanggapi. Jangan klik link yang dikirimkan sebab itu mungkin saja modus pencurian data.

Ubah Password Secara Berkala

Tips aman bertransaksi melalui internet banking berikutnya adalah rutin update kata sandi. Setidaknya ubah password kamu setiap 3-6 bulan sekali. Buat dengan kombinasi huruf dan angka agar password lebih kuat. Simpan untuk diri kamu sendiri dan jangan pernah berikan ke orang lain.

Jangan Pernah Bagikan Kode OTP

Ketika bertransaksi dengan internet banking, kamu akan menerima pesan berisi kode OTP. Kode OTP ini sifatnya rahasia. Biasanya akan dikirim melalui SMS atau email. Jadi jangan pernah membagikannya dengan siapa pun. Bahkan kalau ada yang mengaku dari pihak bank, jangan percaya.

Pantau Rekening Secara Rutin

Tips aman bertransaksi melalui internet banking yang satu ini mungkin tampak cukup ribet. Tapi jangan salah, ini penting loh. Dengan rutin memantau rekening kamu bisa segera tahu apabila ada transaksi yang janggal. Sehingga dapat cepat diinformasikan kepada pihak bank terkait.

Selain itu, selalu cek tanggal dan waktu terakhir login setiap kali mengaksesnya. Jika dirasa ada orang lain yang turut mengakses maka segera lakukan tindakan untuk melindungi akun.

Gunakan Komputer Pribadi

Saat mengakses internet banking sebaiknya lakukan di komputer pribadi kamu. Kenapa? Pasalnya menggunakan komputer umum berisiko membuat informasi pribadi kamu bocor. Sehingga rentan terhadap aksi kejahatan online.

Kalau perlu gunakan juga keyboard virtual agar data dan password tetap aman. Serta jangan lupa untuk up to date komputer kamu agar terhindar dari virus.

Aktifkan Notifikasi Akun

Semua bank sekarang umumnya telah memiliki fasilitas ini. Kamu otomatis akan menerima pesan konfirmasi debit maupun kredit. Tapi jika belum ada, kamu bisa kunjungi cabang bank untuk meminta mengaktifkannya.

Nomor yang kamu daftarkan harus nomor telepon yang aktif. Karena notifikasi ini akan dikirimkan melalui pesan singkat atau SMS.

Pastikan Log Out dengan Benar

Satu lagi tips aman bertransaksi melalui internet banking, pastikan kamu log-out dari browser dengan benar. Lupa log-out dapat berisiko untuk akun kamu. Sebab sistem browser mungkin saja membaca kamu masih log-in.

Akibatnya rekap transaksi masih terekam di cache dan histori browser. Sehingga memudahkan data kamu dicuri. Untuk proteksi tambahan, kamu bisa menghapus riwayat browser dan tembolok setiap kali selesai mengakses.

Baca juga : Tips Memilih Jasa Audit Keuangan

Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking

Disebutkan sebelumnya, tujuan dari internet banking adalah memudahkan nasabah. Itu sebabnya, ada begitu banyak kelebihan yang bisa didapat. Apalagi bila kamu mengikuti tips aman bertransaksi melalui internet banking di atas.

Walau demikian ada juga sejumlah kekurangannya yang perlu kamu tahu. Ya, di samping punya banyak kelebihan, internet banking juga memiliki kekurangan. Penasaran? Simak berikut ini:

Kelebihan

  • Praktis, Mudah dan Gratis

Dengan internet banking kamu bisa hemat waktu, tenaga dan biaya sekaligus. Kamu tidak perlu lagi pergi ke bank ataupun mengantre. Langsung saja akses dari ponsel kamu untuk melakukan transaksi melalui internet banking.

  • Bisa Diakses Dimanapun dan Kapanpun

Tidak peduli saat berada jauh dari bank atau tengah malam, kamu tetap bisa bertransaksi. Internet banking dapat kamu akses dimana pun dan kapan pun. Karena layanan online perbankan ini tersedia full 24 jam.

Yang terpenting kamu terhubung ke internet. Maka dengan begitu kamu bisa mengaksesnya melalui ponsel, laptop maupun PC.

  • Memudahkan Pembayaran Sehari-hari

Pembayaran apa pun bisa dilakukan melalui internet banking. Bahkan untuk membayar kebutuhan sehari-hari sekalipun. Seperti token listrik, air, pulsa, paket internet, kartu kredit dan lainnya. Selain itu kamu juga bisa transfer uang ataupun melakukan pembayaran e-commerce.

  • Buka Rekening Baru Lebih Cepat

Ada beberapa bank yang memiliki fasilitas ini. Kamu bisa membuka rekening baru hanya dengan melalui internet banking. Jenis tabungan yang bisa dipilih juga beragam. Mulai dari rekening tabungan, tabungan pendidikan, tabungan berjangka, deposito dan lainnya.

Kekurangan

  • Rawan Tindak Kejahatan Online

Ada cukup banyak jenis kejahatan online yang rawan terjadi di sini. Misalnya seperti skimming, phising, hacking dan penawaran hadiah palsu. Untuk itu, kamu perlu lebih berhati-hati untuk mengamankan transaksi.

  • Bisa Terkena Malware/Virus

Hal ini bisa saja terjadi jika kamu tidak memiliki software antivirus. Atau juga menggunakan koneksi internet yang tidak aman, VPN gratisan maupun Wi-Fi publik.

  • Susah Diakses di Daerah Terpencil

Untuk dapat mengakses internet banking, maka koneksi internet harus stabil. Sementara itu di daerah terpencil biasanya sinyal internet masih susah.

Demikianlah tips aman bertransaksi melalui internet banking dan beberapa hal terkait yang perlu kamu ketahui. Ingat, terus berhati-hatilah saat melakukan transaksi online. Usahakan agar transaksi berjalan dengan aman.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar